"The Right Man in The Right Place" #asyikdenganklik

 

5 Alasan Kenapa Berbagi Itu Indah

Agustus 20, 2020by admin0

Kodrat kita sebagai makhluk sosial menjadi sebuah keharusan bagi setiap insan untuk dapat berbagi dengan sesamanya. Dalam berbagi tidak menjadi keharusan bahwamakanan, minuman, pakaian atau kebutuhan-kebutuhan mendasar manusia saja. Berbagi itu juga bisa dalam bentuk kepedulian kepada sesama, orang tua atau  keluarga kita. Perlu diingat bahwa, bukan saja pada manusia namun pada hewan atau tumbuhan tumbuhan di alam semesta ini.

Berbagi bukanlah persoalan uang semata, masih banyak dari diri kita yang perlu dibagikan. Sebagai contoh, saat kita memahami suatu pengetahuan marilah berbagi karena belum tentu itu membuat hidup berkekurangan. Namun, sebaliknya apabila kita mampu menceritakan pengetahuan kita peroleh secara jelas, benar dan mudah dipahami artinya kita mampu memperkaya diri sendiri.

Lima alasan ini, barangkali akan bisa menambah semangat kita berbagi dan menyebarkan kebaikan.

1. Membuat Bahagia

Rasa bahagia itu merupakan refleksi dari tubuh kita. Hal tersebut mengaktifkan bagian-bagian otak yang terhubung dengan kenikmatan, koneksi sosial, dan kepercayaan yang kesemuanya menciptakan efek energi yang hangat. Banyak ilmuwan yang juga meyakini bahwa perilaku peduli pada orang lain dapat mengeluarkan endorfin di otak dan menghasilkan sebuah perasaan positif yang disebut sebagai “helper’s high”.

2. Meningkatkan Kerjasama dan Hubungan Sosial

Ketika kita memberi, kita sebenarnya sedang menerima. Bila kita meyakini bahwa kebaikan adalah sebuah lingkaran, maka kebaikan yang kita beri lewat berbagi itu, akan kembali lagi pada kita, meski barangkali dalam bentu dan dari orang berbeda. Pertukaran kebaikan ini akan menguatkan ikatan kita dengan orang lain. Selain itu, ketika memberi, kita tak hanya membuat mereka merasa lebih dekat pada kita, tapi juga membuat kita merasa lebih dekat dengan mereka.

3. Membangkitkan Rasa Syukur

Ketika seseorang berlaku baik dan murah hati, hal itu menginspirasi mereka yang mengamatinya untuk bersikap baik ketika ia bertemu dengan orang lain. Ketika kita berbagi, kita bukan hanya membantu dan membahagiakan mereka yang secara langsung menerima kabaikan kita, tapi juga menciptakan ripple effect dari kebaikan tersebut untuk komunitas yang lebih besar.

4. Merasa lebih baik

Banyak orang yang memiliki pola pikir bahwa bila berbagi, berarti akan kehilangan. Tapi sebenarnya membagikan waktu, cinta, pertemanan, nasihat atau benda, sama dengan mengekspresikan lebih banyak tentang siapa diri Anda. Anda tidak akan kehilangan apa pun karena Anda memberikan kesempatan kepada diri sendiri untuk menjadi apa adanya, dan itu akan membuat Anda merasa lebih baik.

5. Meningkatkan Rasa Peduli.

Berbagi dapat meningkatkan rasa peduli terhadap sesama dalam diri kamu.Berbagi dengan orang lain berarti memberi Anda kesempatan untuk merayakan sesuatu ,membicarakan keputusan yang sulit, dan mengobati batin dengan sesutu yang berharga.Berbagi memberikan Anda kesempatan untuk melepaskan kecurigaan terhadap orang lain. Ini adalah cara yang tepat untuk menghapuskan keraguan Anda bahwa masih banyak hal-hal baik di dunia.

Semua agama menganjurkan umatnya untuk selalu berbagi. Berbagi merupakan kebaikan, merupakan sikap yang terpuji. Maka, dalam hidup hendaknya kita saling berbagi dan peduli terhadap orang lain. Berbagi merupakan kebaikan dan orang yang berbuat kebaikan akan dicintai oleh Allah Swt. Berbagi bukan tentang seberapa besar dan seberapa berharganya hal yang diberi, namun seberapa tulus dan ikhlasnya apa yang ingin kita berikan.

Diolah dari berbagai sumber

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ABOUT USKlik Consulting
Kami membantu mengembangkan perusahaan dengan mengoptimalkan potensi SDM untuk mencapai tujuan perusahaan.
OUR LOCATIONSTemukan Kami Disini
https://klikconsulting.id/wp-content/uploads/2020/02/img-footer-map-klik.png
Yogyakarta
Jakarta
GET IN TOUCHMedia Sosial Kami
Selalu terhubung dengan kami, menjadi alasan kenapa anda memilih kami.
ABOUT USKlik Consulting
Kami membantu mengembangkan perusahaan dengan mengoptimalkan potensi SDM untuk mencapai tujuan perusahaan.
OUR LOCATIONSTemukan Kami Disini
https://klikconsulting.id/wp-content/uploads/2020/02/img-footer-map-klik.png
Yogyakarta
Jakarta
GET IN TOUCHMedia Sosial Kami
Selalu terhubung dengan kami, menjadi alasan kenapa anda memilih kami.