"The Right Man in The Right Place" #asyikdenganklik

 

6 Tips untuk Bangkit dari PHK

Agustus 20, 2020by admin0

Di masa pandemi Corona COVID-19 ini, tidak sedikit perusahaan yang melakukan pemutusan hubungan kerja atau PHK terhadap para karyawannya. Hal ini dikarenakan hampir tidak adanya kegiatan terutama sektor perekonomian. Apalagi, ketidakpastian membuat waktu pemulihan pun menjadi tak terlihat lagi. Tak hanya keuangan saja, PHK juga dapat mempengaruhi kesehatan mental. Ketidakpastian dari segi ekonomi dan rutinitas yang mendadak berubah, bisa menimbulkan kecemasan.

Yuk..kita bangkit dan mencari solusi paling aman yaitu Motivasi baru dalam kehidupan. Memang tidak mudah untuk berlaku normal dengan situasi seperti sekarang ini. Ada enam tips untuk bangkit dari PHK.

  1. Bersikap baik kepada diri sendiri

Ketika terkena musibah seperti PHK, rasa kecewa, takut, sedih, semuanya pasti muncul secara bersamaan. Biarkan perasaan itu hadir dan rasakan sepenuhnya, jangan berusaha mengelak dari kondisi yang menimpamu.Tapi jangan terlalu lama. Segera bangkit, kamu bisa cari kegiatan yang bisa membuatmu bersemangat lagi. Ungkapan ‘pikiran sehat hidup dalam tubuh yang sehat’ benar. Jika kamu mengalami masa pengangguran maka terus berolahraga, makan dengan baik, berpikir positif. Namun jika kamu memiliki masalah kesehatan, pergi ke dokter untuk menyelesaikannya sebelum menjadi lebih serius.

  1. Buat rencana pencarian kerja

Banyak di antara kamu yang di-PHK dan menggunakan waktu menganggurmu dengan tidak bijaksana. Bahkan, isolasi diri membuat kamu hanya di rumah saja dan menghabiskan waktu dengan bersantai. Temukan kegiatan yang memberi hidup kamu semakin bermakna. Buat prospek untuk mencari pekerjaan, buat daftar keterampilan dan tumbuhkan sifat kepribadian positif kamu. Ketika sudah melewati berbagai rintangan yang kurang menyenangkan, kamu bisa mulai merencanakan apa saja yang ingin kamu lakukan.

Tulis apa saja yang ingin kamu lakukan, hal-hal yang ingin dicapai, dan harapan untuk masa depan.  Hal ini sangat perlu dilakukan, karena akan memberi semangat dan harapan pada masa depan.

  1. Pelajari Keterampilan Baru

Fokusnya akan beralih ke soft skill seperti kreativitas, ketahanan, dan penyelesaian masalah, serta keterampilan digital seperti desain dan pengembangan, manajemen media sosial, coding, dan keamanan digital. Sangat mungkin bahwa akan ada layanan, produk, dan pekerjaan yang sepenuhnya baru yang akan muncul. Cari hobi baru yang menyenangkan dan membuat nyaman di rumah. Beberapa contoh hobi yang bisa kamu lakukan antara lain memasak, menyulam, menjahit, dan masih banyak lagi.

  1. Mengikuti Protokol Kesehatan

Kesehatan fisik memainkan peran besar dalam kesejahteraan umum karena endorfin adalah pemacu suasana hati yang alami. Jika kamu membutuhkan inspirasi, ada banyak sumber daya olahraga gratis yang tersedia online untuk memulai rutinitas. Rencana kegiatan diluar rumah tetap harus megikuti protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, membawa handsanitizer, physical distancing  dll.

  1. Menghemat pengeluaran

Kamu harus sudah mulai menghemat pengeluaran terlebih dahulu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.Selain itu, sebisa mungkin kurangi pengeluaran misal jajanan yang bisa dipesan melalui online. Dengan hal tersebut, kamu masih mempunyai pegangan untuk beberapa bulan ke depan sampai Covid-19 benar-benar pergi dari bumi.

  1. Jaga Hubungan dengan Orang Terdekat

Jaga berkomunikasi secara intens dengan orang lain. Baik saudara, sahabat, teman hingga rekan kerja. Hal ini karena masa-masa sulit membutuhkan perhatian dan empati yang lebih tinggi. Aplikasi konferensi seperti Zoom, Houseparty, atau Skype memungkinkan untuk terhubung secara virtual dengan teman dan keluarga Kamu. Pastikan untuk menggunakan video, karena ekspresi wajah lebih mudah dibaca daripada mencoba menafsirkan nada suara. Bersandar pada orang yang kamu cintai, dan berikan mereka dukungan yang sama.

Nah…ternyata banyak cara yang bisa kita lakukan dalam menghadapi kondisi PHK. Mulailah dengan bersikap baik kepada diri sendiri, membuat rencana pencarian kerja, mempelajari keterampilan baru, menjaga pengeluaran keuangan serta menjaga hubungan dengan orang terdekat dan patuhi protokol kesehatan. Bersikap sabar. Jagalah hati dan pikiran agar selalu positif .

Sumber google (Dinda Silviana Dewi. Fadel Prayoga,block Glints)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ABOUT USKlik Consulting
Kami membantu mengembangkan perusahaan dengan mengoptimalkan potensi SDM untuk mencapai tujuan perusahaan.
OUR LOCATIONSTemukan Kami Disini
https://klikconsulting.id/wp-content/uploads/2020/02/img-footer-map-klik.png
Yogyakarta
Jakarta
GET IN TOUCHMedia Sosial Kami
Selalu terhubung dengan kami, menjadi alasan kenapa anda memilih kami.
ABOUT USKlik Consulting
Kami membantu mengembangkan perusahaan dengan mengoptimalkan potensi SDM untuk mencapai tujuan perusahaan.
OUR LOCATIONSTemukan Kami Disini
https://klikconsulting.id/wp-content/uploads/2020/02/img-footer-map-klik.png
Yogyakarta
Jakarta
GET IN TOUCHMedia Sosial Kami
Selalu terhubung dengan kami, menjadi alasan kenapa anda memilih kami.